Casio mengungkapkan jam tangan G-Shock retro-keren yang terinspirasi oleh Rubik’s Cube dan Jam Tangan Aktif Black x Teleport ‘Obama’: Hands On!

Casio telah merilis jam tangan paling retro hingga saat ini: G-Shock yang meminjam isyarat desain dari Rubik’s Cube. GAE-2100RC-1AER adalah kolaborasi resmi dengan Rubik’s, pembuat mainan puzzle klasik, dan menampilkan bezel yang dapat diganti yang mengingatkan pada sisi kubus.

Jajaran G-Shock Casio sering mengambil inspirasi dari tempat yang tidak biasa – mulai dari petir vulkanik hingga komponen mobil – dan dalam beberapa bulan terakhir para desainernya jelas-jelas bersenang-senang membolak-balik buku sejarah untuk mendapatkan ide. Pada bulan November 2020, ia merilis trio jam tangan retro-futuristik yang dihiasi warna hitam dan neon, mengingatkan pada Tron dan Blade Runner klasik tahun 1980-an, dan sekarang dilompati kembali ke tahun 1970-an.

Jam tangan ini akan mulai dijual pada 9 Februari di toko Casio di Carnaby Street, London, dan sejumlah pengecer pihak ketiga dengan harga £139 (sekitar $190 / AU$260).

Tetap sederhana

Casio telah berkelana ke dunia jam tangan Casio pintar dalam beberapa tahun terakhir, dengan jam tangan seperti G-Shock Pro yang menjalankan Google Wear OS dengan berbagai alat pelacak olahraga yang sudah diinstal sebelumnya.

Namun, GAE-2100RC-1AER yang baru adalah jam tangan digital klasik yang membuat segalanya tetap sederhana. Ini fitur alarm, penghitung waktu mundur, stopwatch, kalender otomatis, waktu ganda dan waktu dunia – dan hanya itu.

Ini sangat sulit, meskipun. Terlepas dari penampilannya yang menyenangkan, ini adalah arloji yang dibuat dengan kokoh dengan Pelindung Inti Karbon Casio untuk melindungi komponen internalnya dari benturan dan getaran, dan dilengkapi dengan lensa kaca mineral. Itu juga akan terus berjalan hingga tiga tahun sebelum membutuhkan penggantian baterai.

Opini: lebih pintar tidak selalu lebih baik

Setiap tahun, merek jam tangan pintar terbesar merilis versi baru dan terbaru dari model penjualan terbesar mereka, terkadang hanya dengan sedikit perubahan. Bahkan arloji kelas menengah dapat dengan mudah berharga sama dengan Chromebook yang layak, tetapi akan usang dalam hitungan bulan.

Untungnya sebagian besar pembuat jam mendukung perangkat mereka selama bertahun-tahun setelah peluncuran dan kualitas pembuatan meningkat dengan setiap iterasi, tetapi jika Anda mencari sesuatu yang benar-benar akan bertahan lama, jam tangan digital ‘bodoh’ masih merupakan pilihan yang menggoda.

G-Shock yang terinspirasi Kubus Rubik tidak akan memberi Anda petunjuk arah ke toko terdekat, atau memungkinkan Anda melakukan pembelian nirsentuh begitu Anda berada di sana, tetapi jika Anda membawa ponsel secara teratur maka itu mungkin kenyamanan yang dapat Anda kelola tanpa.

Jam tangan digital biasa berharga lebih murah dari kebanyakan jam tangan pintar, tidak akan pernah menahan Anda saat menyelesaikan pembaruan firmware, masih dapat mengatur waktu papan dan dinding Anda di gym, dan akan membangunkan Anda di pagi hari dengan bunyi bip lembut. Anda juga tidak perlu mencolokkannya untuk mengisi daya setiap malam, atau memastikannya disinkronkan dengan ponsel Anda. Bahkan memberitahu waktu.

Mungkin sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda mempertimbangkan untuk membeli jam tangan pintar baru agar Anda tetap di jalur pada tahun 2022.

Pada 1 Januari 2022, pengamat jam tangan dibuat bingung oleh foto Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama dalam gaun pesta Malam Tahun Baru mereka, yang dibagikan oleh Michelle Obama di akun Twitter-nya: mantan POTUS tampak mengenakan pakaian hitam Kronograf bergaya Royal Oak pada tali karet.

Tanpa pandangan yang jelas tentang arloji, saran untuk identifikasi terancam seperti Casio dan Di Milano – merek yang terkenal dengan kreasi yang dipengaruhi Royal Oak – mungkin Girard-Perregaux Laureato, atau bahkan Audemars Piguet Royal Oak itu sendiri.

Namun jam tangan yang dimaksud ternyata merupakan kolaborasi antara Teleport, produsen jam tangan fashion yang berbasis di AS, dan Actively Black, sebuah perusahaan pakaian santai yang menggambarkan dirinya sebagai, “entitas milik orang kulit hitam yang diciptakan oleh mantan pemain bola basket profesional Lanny Smith . Actively Black dibuat dengan masukan dan saran dari teman-teman yang memiliki pengalaman di level tertinggi dengan Nike, Adidas, Jordan, dll. Ini adalah merek berbasis misi yang bertujuan untuk berinvestasi kembali ke komunitas kami dan untuk meningkatkan kesehatan mental dan kebugaran fisik komunitas kulit hitam.”

Itu adalah sendok besar untuk jam tangan Actively Black Teleport yang didukung oleh Obama dengan cara ini setelah perusahaan memberinya pilihan item pakaian. Meskipun sering terlihat memakai Rolex Cellini atau TAG Heuer Series 1500 Two-Tone Diver, Obama juga terlihat menandatangani perintah eksekutif di Oval Office dengan mengenakan Jorg Gray JG6500 seharga $395 yang diberikan kepadanya oleh detail keamanannya.

Mantan presiden mengenakan apa yang dia suka dengan sedikit memperhatikan status yang dirasakan.

Gunakan Jam Tangan Actively Black x Teleport “Obama”
Kebetulan saya berhasil mendapatkan jam tangan Actively Black x Teleport “Obama”.

Actively Black x Teleport adalah kronograf stainless steel menghitam pada tali silikon yang didukung oleh gerakan kuarsa Miyota, tahan air hingga 100 meter, dan dijual seharga $300.

Kotaknya adalah karton murah yang meyakinkan – “meyakinkan” karena pada tingkat harga ini Anda tidak ingin mereka menghabiskan lebih dari 50 sen untuk kotak itu. Ini tidak termasuk kertas, spesifikasi, atau manual pengguna.

Arloji itu sendiri berukuran 41 mm dan lug to lug 49 mm, dengan tali silikon 25 mm memenuhi lebar penuh lug. Talinya terbuat dari karet silikon lembut dan terasa sangat nyaman, tetapi seperti tali jam generik murah yang tersedia sebagai pengganti tali Apple Watch (dan tidak seperti tali Apple sendiri), tali ini merupakan magnet debu, terutama dalam warna hitam.

Casing ini mengganti segi dari baja tahan karat 316L yang dipoles dan dipoles serta memiliki bezel berbentuk jendela kapal yang sudah dikenal. Desain jam tangan Teleport lainnya biasanya menampilkan sekrup wajib pada bezel, tetapi model ini tidak (dengan demikian kesan Girard-Perregaux Laureato kuat).

Dengan ketebalan 11 mm, jam tangan terasa kokoh, dan casing belakang, yang diukir dengan logo Teleport dan Actively Black, adalah bagian belakang tipe sekrup yang tampak kokoh.

Selain logo HITAM di bawah penanda jam 12 (yang sebenarnya adalah logo Teleport), dial hitam matte menampilkan tanggal antara jam 4 dan 5 dan subdial 24 jam, detik, dan menit biasa di 3, 6, dan 9. Jari telunjuk dan tangan berwarna hitam mengilap dan, sejujurnya, hampir tidak terbaca dalam cahaya buatan. Nah, Anda selalu dapat melihat ponsel Anda.

Arloji ini sangat nyaman bahkan di pergelangan tangan yang ramping dan dapat dipakai secara merata oleh pria atau wanita, meskipun ada versi “wanita” non-kronograf yang sedikit lebih kecil.

Apart from the legibility issue, there is very little to fault on the Actively Black x Teleport chronograph. As a take on the “steel sports watch with rubber strap” concept it should certainly attract “is-it-or-isn’t-it” inquisitive looks from other watch enthusiasts – and has the added advantage of being one of the watches that President Obama wears as an expression of his support for Black-owned businesses in the United States.

And that can only be a good thing.

Leave a Comment